Studi Tiru "Tepat Guna Pertanian" Desa Seringat Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin Tahun 2023

  • Dec 24, 2023
  • DESRA SANDI
Lokasi Kegiatan: Desa Gedang Kecamatan Sunga Penuh
Tanggal Kegiatan: Dec 20, 2023

          Studi Tiru "Tepat Guna Pertanian" Desa Seringat Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin Tahun 2023 ke Desa Gedang Kecamatan Sungai Penuh Kota Sungai Penuh bertujuan untuk menambah semangat dan wawasan agar terus bekerja meningkatkan produktivitas pertanian, kesejahteraan petani dan kapasitas petani dan kelompok tani. Rombongan peserta Studi Tiru dari Desa Seringat di dampingi dan diketuai langsung oleh Kepala Desa Seringat Bapak M. Zardi. Acara penyambutan kunjungan Studi Tiru di mulai pukul 11.00 WIB, diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan pembacaan doa, ucapan selamat datang di sampaikan oleh Kepala Desa Gedang Bapak Ir. Efdal Taufik kemudian di lanjutkan pemaparan seputar pola pengembangan pertanian oleh Kelompok Tani Desa Gedang dan bagaimana proses semuanya dijalankan dilapangan.

          Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan dan peraturan perundangan. Pihak Desa Seringat memilih Desa Gedang sebagai lokasi Studi Tiru karena merupakan salah satu sentra pertanian di Kota Sungai Penuh. "Kami ingin mengetahui seperti apa pola pengembangan usaha pertanian yang dilakukan oleh kelompok tani Desa Gedang dan menurut kami kunjungan Studi Tiru ke Desa Gedang sangatlah tepat, mengingat kesamaan kondisi geografis yang fokus pada kondisi pertanian serta rencana pengembangannya, pengembangan pertanian di Desa Gedang sangat baik untuk ditiru dan dikembangkan di Desa Seringat.” ," ucap Kepala Desa Seringat, Bapak M. Zardi.

          Kepala Desa Gedang sendiri menyambut baik kedatangan rombongan dari Desa Seringat. Kepala Desa Gedang Bapak Ir. Efdal Taufik juga menuturkan progres perkembangan di sektor pertanian menjadi prioritas dalam mewujudkan kesejahteraan khususnya bagi petani dalam wilayah Desa Gedang. "Ide, gagasan serta implementasi di lapangan merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk dukungan dari petani itu sendiri." ujar Kepala Desa Gedang Bapak Ir. Efdal Taufik.

          Acara dilanjutkan dengan diskusi, dimana peserta Studi Tiru sangat antusias mengikuti diskusi untuk menggali tentang kondisi pertanian agar upaya dan hasil nantinya produktif dan mewujudkan kesejahteraan bagi petani. Tujuan dari kegiatan kunjungan Studi Tiru itu sendiri adalah menambah wawasan peserta, mengoptimalkan lahan yang kurang produktif, meningatkan produktifitas pertanian dan meningkatkan kemandirian pangan.

          Semoga dengan Studi Tiru Tepat Guna Pertanian Desa Seringat ke Desa Gedang mampu mendorong peningkatan kualitas kelompok tani dan hasil pertanian itu sendiri di Desa Seringat. Dengan berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat semoga memudahkan Kepala Desa untuk melakukan pembinaan demi kemajuan desa. (DS)